Mengenal Javascript, Bahasa yang dulu hanya digunakan untuk mempercantik website

Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

Dahulu, javascript hanya digunakan untuk mempercantik tampilan website seperti menambahkan efek hover, bayangan, click, dan lain lain atau biasa disebut dengan frontend. Namun, saat ini javascript sudah dapat digunakan untuk menangani backend service karena sudah tersedia banyak framework javascript seperti Angular, React, dan Vue. Dengan teknologi framework, kalian sudah dapat membuat backend website untuk menangani data bahkan membuat API service dari javascript.

Sintaks javascript

Variabel di JavaScript dapat dipanggil dengan menggunakan kata kunci var

var x;
var y = 2;

Selain menggunakan kata kunci var, kita juga bisa menggunakan kata kunci let untuk membuat variabel dalam cakupan yang terbatas

let panjang = 5; 
let lebar = 10 // penggunaan titik koma dalam JavaScript adalah suatu pilihan opsional
let luas = panjang * lebar; // 50 

Kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag <script type="text/javascript"> 

<script type="text/javascript">
    alert("Halo Dunia!");
</script>

Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berekstensi .js (singkatan dari JavaScript). Untuk memanggil kode JavaScript yang terdapat di file sendiri, di bagian awal <head> harus ditentukan dahulu nama file .js yang dimaksud menggunakan contoh kode seperti berikut:

<script type="text/javascript" src="alamat.js"></script>

Kelebihan javascript

  1. Mudah dipelajari
  2. Tidak membutuhkan resource memori yang besar
  3. Multiplatform
  4. Mudah untuk dikembangkan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.