Internet Sebagai Sumber Informasi Dunia


Halo teman, kamu pasti tidak asing lagi dengan yang namanya internet bukan ??, kebanyakan orang menggunakan internet untuk mencari informasi dan hiburan.

Nah sekarang aku ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang internet sebagai sumber informasi nih yang semoga bisa bermanfaat untuk kamu baca yaa. 😉

Di era yang serba digital ini, hampir semua peralatan yang dibutuhkan manusia sudah menggunakan teknologi  terbaru yang sangat canggih, banyak kegiatan manusia yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan berkat adanya teknologi, salah satunya adalah pencarian informasi.

Bagi semua orang, informasi sangatlah penting sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap harinya ada ribuan hingga jutaan orang yang masing-masing mencari dan mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan, tidak peduli siapa dan apa status mereka, orang-orang di bumi ini seperti haus akan informasi.

Kehadiran teknologi internet seakan menjadi jawaban dari tingginya kebutuhan informasi saat ini. Teknologi internet dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan memiliki nama awal ARPANET. ARPANET yang awal mulanya ditujukan untuk keperluan militer Amerika ini semakin dikembangkan hingga akhirnya menjadi teknologi yang sangat besar yang dinamakan INTERNET.

Kebebasan untuk mengakses internet dan besarnya teknologi internet ini membuat internet menjadi sumber informasi dunia. Banyak mesin-mesin pencari (Search Engine) seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lain lain, yang siap memberikan informasi dari berbagai belahan dunia untuk kamu dengan hanya mengetikkan keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan informasi yang kamu butuhkan. Saat ini internet sudah memiliki informasi hampir dari semua kata dan kalimat yang ada di dunia, tidak heran jika orang-orang menyebutnya sebagai "Dunia kedua", atau "Dunia maya".

Terlepas dari berbagai kemudahan informasi yang didapat melalui internet, sebagai salah satu teknologi modern ternyata internet juga bisa menjadi sesuatu yang membahayakan. Karena internet bebas dan mudah untuk diakses, hal ini memungkinkan siapapun untuk mengakses informasi dan konten-konten yang ada di internet, termasuk anak-anak. Anak-anak usia remaja memang menjadi perhatian khusus jika kita membicarakan dampak dari penggunaan internet, karakteristik mereka yang memiliki rasa penasaran yang tinggi serta mudah untuk menerima segala informasi yang didapat mudah membuat mereka terkena dampak negatif dari internet. Salah satu bahaya internet bagi anak-anak adalah jika mereka mengakses informasi dan konten yang seharusnya bukan untuk mereka, dikhawatirkan mereka akan melakukan hal hal yang merugikan seperti kekerasan, pergaulan bebas, narkoba, dan hal-hal negatif lainnya.

Informasi memang penting untuk kita, namun dengan segala kemudahan yang ditawarkan teknologi internet, ada baiknya kita gunakan teknologi ini sebagaimana mestinya, mencari informasi yang benar-benar kita butuhkan, jadilah pengguna internet yang cerdas dengan tetap memperhatikan kelayakan sumber-sumber penyedia informasi yang kita gunakan di internet.

Oke teman, jadi itulah sedikit hal yang bisa aku bagikan untuk kamu. Tulisan ini banyak kekurangan sehingga kritik dan saran dari kamu sangat diharapkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.